1/25/13

Aku dan Kamu Saja


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Aku dan kamu saja, tidak ada yang lain. Sepertinya kalimat itu jauh lebih baik daripada: Gue dan loe saja, tidak ada yang lain. Kalimat pertama terkesan baik karena menggunakan Bahasa Indonesia yang sebenarnya, yaitu penggunaan Aku dan Kamu. Sedangkan pada kalimat kedua, Loe dan Gue bukanlah Bahasa Indonesia, melainkan bahasa gaul yang diserap dari bahasa Betawi. Jadi, intinya mulai sekarang, di blog Bagoezone ini aku akan menggunakan kata Aku dan Kamu. Aku tidak akan memakai kata Gue dan Loe lagi. Jadi buat para pembaca setia blog ini, jangan harap kalian bisa menemukan kedua kata tadi. :D
Pernah aku membaca sebuah artikel di suatu media masa, yang intinya bahwa penggunaan kata-kata gaul dalam kehidupan sehari-hari secara langsung ataupun tidak langsung dapat merusak Bahasa Indonesia. Meskipun penggunaannya dalam hal sepele, semisal nulis SMS, nulis status, mengobrol dengan teman, dll.
Ya, memang benar penggunaan bahasa gaul dilakukan agar interaksi yang terjadi terkesan lebih akrab, lebih luwes dan lebih mengalir. Hal itu juga menjadi alasanku kenapa sebelumnya aku menggunakan bahasa seperti sebagai bahasa blogku. Supaya antara pembaca blog dan penulis terjadi interaksi yang lebih luwes. Tidak terkesan kaku.
Mana mungkin saat mengobrol dengan teman kita menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD? Hal itu mungkin-mungkin saja. Tapi kemungkinan besar pesan yang ingin disampaikan tidak akan sampai pada orang yang diajak ngobrol. Semisal saat curhat dengan teman kita menggunakan bahasa baku, bukan unek-unek kita yang akan sampai, tapi malah curhat kita akan terkesan seperti diskusi formal. Hehehe.. :D

Ada yang bilang kalau bahasa baku adalah bahasa tulisan, bukan bahasa ucapan. Ucapan di sini maksudnya dalam interaksi sehari-hari, bahasa sehari-hari. Kalau dalam acara formal ya kita menggunakan ucapan atau berbicara dengan bahasa yang baku. Seperti presentasi dan diskusi. Aku setuju dengan pendapat ini. Dalam menulis, kita harus membiasakan dengan Bahasa Indonesia yang baku. Lain halnya dengan berbicara, kita boleh menggunakan bahasa tidak baku (gaul) agar pesan yang ingin disampaikan bisa sampai ke lawan bicara, kecuali pada acara-acara formal tertentu. Asalkan tidak mencapai bahasa 4L4y, sepertinya itu wajar-wajar saja.
Pendapat itulah yang mendorongku untuk membuat perubahan dalam hal memposting blog. Perubahan dalam mengganti kata Gue dan Loe dengan Aku dan Kamu. Hal ini dikarenakan pembaca blog ini bukan hanya berasal dari kota-kota besar saja seperti Jakarta ataupun Semarang yang notabene paham dengan bahasa ‘Gue dan Loe’. Pembaca blog ini juga berasal dari wilayah indonesia lain yang kemungkinan tidak mengerti bahasa itu. Seperti saudara kita dari Papua, Sumatra yang berbahasa melayu, Kalimantan, pedesaan Sulawesi, Maluku, dll. Apalagi kalau pembacanya dari luar negeri, bisa-bisa mereka malah tidak paham sama sekali. Kata-kata itu tidak bisa diterjemahkan menggunakan translator apapun, termasuk Google Translate. Karena memang kata-kata tersebut bukanlah Bahasa Indonesia yang benar. Dan Google Translate hanya menerjemahkan sebuah kata ataupun kalimat yang terdata dalam bahasa yang akan diterjemahkan.
Percuma kan kalau seandainya kita sudah nulis postingan panjang-panjang tapi pembaca blog yang merupakan objek utama tidak paham dengan apa yang ditulis? Hanya sia-sia. Yang paham hanya sekelumit orang saja. Padahal blog bersifat mendunia, bukan lokal. Pembacanya berasal dari seluruh penjuru dunia dengan beraneka ragam bahasa.
Oleh sebab itu, marilah kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dari hal yang paling kecil dulu, seperti membuat postingan blog. Selain kita membuat paham orang yang membaca, kita juga sekaligus menjaga Bahasa Indonesia agar tidak lenyap tergerus modernisasi. Tidak perlu cepat, cukup perlahan-lahan saja. Ingat, sesuatu yang terjadi pasti membutuhkan proses. Kalau aku, aku akan memulai dari mengganti kata Gue dan Loe dengan kata Aku dan Kamu dalam setip postingan blog selanjutnya. Semangat!
Demikian postingan-ku kali ini. Semoga bermanfaat. :)
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 comment:

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)