9/8/12

Jahe Bisa Menghangatkan Tubuh


Agar suhu tubuh menjadi hangat dan stabil dalam cuaca yang dingin, masyarakat memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman penghangat. Biasanya, minuman penghangat yang biasa di minum masyarakat mengandung jahe, kandungan utama jahe adalah minyak atsiri, oleoresin, zingi berene, arcurcumene, sesquiphellanderene, dan bisabolene. Sifat jahe yang panas tentu saja efektif untuk menghangatkan tubuh saat berada dicuaca atau ruang yang bersuhu dingin. Suhu dingin membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terkena penyakit. termasuk flu yang menyerang pada musim hujan, karena itu jahe sangat membantu menjaga kestabilan suhu tubuh. Sebagai obat, jahe berkhasiat sebagai peredah sakit kepala, batuk, masuk angin, sertaa gangguan saluran pencernaan, salah satu contoh minuman penghangat olahan jahe adalah jus penghangat tubuh ini. Sensasi hangatnya bisa dirasakan mulai dari tenggorokan hingga seluruh tubuh.

Sumber


Gue rasa statement di atas emang bener banget. Jahe emang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh, yaitu dengan cara mengkonsumsinya baik lewat makanan maupun minuman. Nenek sama kakek moyang kita juga udah membuktikannya. Zaman dahulu kala, mereka banyak menggunakan jahe dalam minuman, yaitu wedang jahe. Masih simpel, mereka mengkonsumsi jahe dengan tujuan sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin pada malam hari agar terhindar dari masuk angin.

Kalo belum pada percaya, nih gue sendiri buktinya. 

Dalam satu minggu belakangan ini, tiap pagi sebelum berangkat sekolah gue tuh rutin minum jahe, tepatnya susu jahe. Tiap pagi gue dibuatin susu jahe sama ibu gue, baik banget ya... Terus, apa hubungannya sama khasiat jahe yang bisa menghangatkan tubuh?. Nih, gue jawab. Biasanya kalo pas tidur, tiap malem kira - kira jam 2 nan biasanya gue terbangun, entah itu gara - gara hasrat pengen buang air kecil atau cuma bangun malem saja. Sebelum gue ngelakuin rutinitas minum susu jahe tiap pagi hari sebelum sekolah, biasanya kalo bangun malem hari gue merasa kedinginan trus ngambil selimut buat nutupin tubuh gue. Tapi sekarang udah nggak lagi...!!! Semenjak gue ngelakuin rutinitas baru tadi, setiap tidur pada malem hari dan bangun pada malem hari juga gue merasa nggak kedinginan meskipun nggak pake selimut alias telanjang kaki. 

Selain menghangatkan tubuh, khasiat yang udah gue dapet semenjak rutin mengkonsumsi susu jahe yaitu tiap bangun tidur pada pagi hari gue ngerasa badan gue tuh enak banget, nggak ada pegel - pegel lagi. Padahal, gue sering pulang sekolah sampai petang hari sebagai efek samping dari ngikutin ekstrakurikuler di sekolah.

Nah, cukup itu aja manfaat yang udah gue dapet dari tanaman dengan nama latin Zingiber officinale. Bisa menghangatkan tubuh sama ngilangin pegel - pegel akibat aktifitas yang padat. Ingat, sesuatu yang alami itu lebih aman, sehat dan nggak banyak efek samping.

Cikup sekian dan terimakasih. ^^

No comments:

Post a Comment

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)