8/10/12

Resensi Novel : New Emon


Judul novel: New Emon
Penulis: Oben Cedric
Penerbit: Gradien mediatama
Tebal: 160 Halaman
Harga: Rp. 30.000,00

Novel dengan tebal 160 halaman, ukuran kertas 13x19cm ini menceritakan tentang seorang vampir wanita yang sedang jatuh cinta kepada dua orang pria yang kebetulan namanya sama. Pada suatu saat vampire wanita tersebut bertemu dengan dua orang pria yang ia cintai. Di waktu yang sama vampire tersebut harus memilih seorang dari dua orang pria tersebut yang menyukai wanita vampire ini. Dan pada waktu bersamaan vampire wanita ini bertemu dengan para werewolf yang ingin menjadikan tumbal salah satu dari dua orang pria yang di cintai vampire wanita ini. Dan pada akhirnya wanita ini pun harus memperjuangkan cintanya melawan para werewolf yang jahat. ...

Suatu hari hiduplah keluarga vampire di tengah tengah kota. Keluarga vampire tersebut mempunyai satu ayah vampire, satu ibu vampire dan tiga anak vampire berjenis kelamin wanita satu orang dan pria dua orang. Keluarga vampire ini adalah keluarga vampire yang aneh. Dimana keluarga vampire ini bertingkah laku seperti manusia dan juga tidak akan mati bila terkena sinar matahari. Keluarga vampire ini terpecah belah, dimana ayah vampire tersebut dan dua anak laki-lakinya pergi ke luar negri untuk berkeja. Lalu ibu dan satu anak wanita vampire yang bernama Bella Soang yang menetap di bandung untuk menyamar sebagai manusia.
Di hari pertama masuk sekolah Bella mendapatkan teman baru. Awalnya bella bersekolah di Jakarta, namun karena umurnya sudah 100 tahun dan dalam dunia vampire umur 100 tahun sama dengan anak remaja di manusia ia harus berpindah-pindah sekolah untuk menyamar sebagai pelajar. 

Di sekolah lamanya bella mempunyai pacar bernama Edward culun (panggilan akrabnya). Namun karena perbedaan jenis makhluk percintaan bella dengan Edward pun tidak bisa di lanjutkan. Bella pun berkenalan dengan anak perempuan yang rupanya adalah calon teman sebangkunya yang bernama EL. EL adalah wanita yang sangat menyukai cendol. Suatu ketida di kanti Bella sedang asik bermain HP, Lalu EL pun dating untuk mengajak berkenalan Bella. Lalu mereka pun berkenalan, Ternyata bella mempunyai keahlian khusus sebagai vampire . Yaitu dapat membaca fikiran orang orang yang ada di sekitarnya dengaj jarak 3 meter. Pada saat berkenalan bella pun membaca fikiran EL. Ternyata EL adalah orang yang baik. Kemudia mereka akhirnya berteman. Pada saat mereka berdua sedang asik mengobrol datanglah seorang wanita cantik yang bernama Mbakekok. Mbakekok ini sangatlah sombong. Dengan perhiasan yang ada di seluruh tubuhnya ia melempar undangan di depan muka bella dan el. Ternyata undangan tersebut isinya adalah tentang undangan ulang tahun ke 17 si mbakekok. Lalu mbakekok pergi untuk menyebarkan undangan ke teman teman yang lainnya. Pada tanggal yang tertera di udangan bella dan el pun dating ke pesta ulang tahunnya mbakekok. Pada saat pesta berlangsung di adakan perlombaan. Ternyata di dalam perlombaan itu ada seorang pria yang mirip dengan Edward culun. Namanya adalah Edward mon. Dan pria tersebut biasa di pangil emon oleh teman temannya. pada saat perlombaan emon terjatuh dari tanggal, lalu dengan sigap bella pun datang untuk menolong emon. Dan dari situ bella mengenal emon.

Pada suatu ketika ada perlombaan basket, dan ternyata emon adalah jagoan andalan basken di sekolahnya bella. Pada saat perlombaan bella pun dating besama el untuk menonton perlombaan itu. Dan ternyata di dalam tim basket itu terdapat pula seorang pria tampan yang bernama Joko B. Dan pada saat yang sama el jatuh cinta kepada joko B. ketika bella sedang memakirkan mobil yang di bawanya ternyata ada preman yang menggoda bella. Preman tersebut ingin berkenalan dengan bella namun bella pun menolak untuk berkenalan. Pada saat preman itu menggota bella datanglah emon. Emon membela bella dan mengusir preman itu. Dan akhirnya pertandingan basket pun di mulai. Ternyata pada saat bella di tolong oleh emon bella mempunyai rasa suka terhadap emon. Pertandingan tersebut di menangkan oleh sekolah bella dengan kemenangan telak. Pada saat bella dengan el ingin pulang, bella ternyata ban mobil mereka kempes. Lalu mereka berjam jam menunggu montir dating tetapi tidak datang. Lalu datanglah Joko B bertanya kepada mereka tentang apa yang terjadi pada mobil mereka. Lalu joko b pun membetulkan ban merekan. Dan akhirnya el semakin jatuh cinta kepada joko b tetapi joko b malah jatuh cinta kepada bella.

Keesokan harinya emon ternyata ulang tahun.. emon di ceburin oleh teman temanya ke kolam renang. Tetapi emon tidak bisa berenang. Lalu bella yang melihat emon ingin tenggelam pun datang untung menolong emon. Emon pun sangat berterima kasih kepada bella. Lalu emon mengajak bella untuk berkencan dengannya di taman belakang sekolah pada saat pulang sekolah. Pada saat pulang sekolah emon pun bertemu dengan bella di taman belakang sekolah. Pada saat mereka sedang asik berbicara ternyata ada ulang yang menggigit emon. Bella berusahan untuk mengusir ular tersebut, kemudia datan jessica sahabat nya emon sejak kecil. Jessica pun menhisap darah yang ada di tubuh emon untuk mengeluarkan bisa ularnya. Dan hari itu pun di tutup dengan kesedihan bella yang tidak mendapatkan perhatan lebih dari emon karena emon telah di tolong oleh Jessica. Alasan bella tidak mau menghisap darah emon adalah karena bila ia menhisap darah manusia, maka ia akan menjadi vampire yang tidak terkontrol dan bisa membunuh manusia.

Pada beberapa bulan kemudian Jessica mengadakan acara kemping ke Malaysia. Ternyata emon telah mendaftar sebagai panitia. Lalu beserta anak kelas satu lainnya bella dan el ikut mendaftar. Di Malaysia mereka bersenang senang . tetapi enatah kenapa bella merasakan hal yang buruk. Pada saat ia ingin mengajak emon ngobrol Jessica selalu menghalanginya. Pada saat pagi pagi Jessica mengahak emon ke sebuah hutan. Lalu dengan sigap Jessica berubah mejadi werewolf dan segera menyandra emon untuk menjadi persembahannya kepada teman teman werewolf Jessica di Malaysia. Di pagi itu juga bella sedang bermain main di twin tower. Ternyata bella bertemu dengan Edward culun yaitu kekasihnya pada saat ia berada di sekolahnya yang lama. Ia pun dan Edward berjalan bersama. Rupanya Edward telah tau bahwa bella adalah vampire dan pada saat mereka berpacaran Edward telah terkena ludah dari bella sehingga Edward pernah menjadi vampire sementara untuk tiga bulan, namun karena ia baru sekali terkena ludah vampire ia dapat kembali menjadi manusia. Pada saat mengobrol bella merasakan firasat yang tidak enak. Ternyata ia pun teringat akan emon. Lalu el memberitahu kepada bella bahwa emon telah hilang sejak pagi. Langsunglah bella pergi mencari emon dengan Edward culun.

Ternyata indra penciuman bella sangat tajam. Bella menemukan emon sedang di sandera oleh Jessica. Bella ingin melawan Jessica namun jumlah werewolf terlalu banyak sehingga bella kalah dalam pertempuran. Emon yang pada saat itu baru tau bahwa bella vampire segera berteriak kepada bella. Emon menginginkan bella untuk membuat ia menjadi vampire. Lalu Edward juga tidak mau kalah, ia juga meminta ingin berubah jadi vampire, namun karena Edward culun sudah pernah menjadi vampire, untuk yang kedua kalinya ia akan menjadi vampire untuk selamanya. Lalu bella pun menyemburkan ludahnya kepada emon dan Edward. Dan dengan cepat mereka berdua menjadi vampire. Lalu mereka ber tiga melawan Jessica dan teman werewolfnya. Lalu mereka ber tiga menang dalam pertempuran tesebut. Lalu keesokan harinya ternyata Edward dan emon menyatakan cintanya kepada bella. Bella pun bingun bagaimaina ia ingin menjawabnya, lalu bella menjawab bahwa ia ingin memacari mereka berdua sekaligus selama tiga bulan. Dan selama tiga bulan itu pula di adakan seleksi untuk memilih pasangan yang terbaik.

Kelebihan
Novel ini sangat mudah dimengerti, dengan bahasanya yang sangat humoris dan menggunakan bahasa sehari hari dan juga menggunakan bahasa gaul novel ini dapat membuat sesuatu yang baru yang belum ada di novel novel yang saya pernah baca. Cerita di dalam novel ini juga menarik

Kekurangan
        Novel ini sangat kurang masuk akal, terkadang ada bahasa bahasa gaul yang sulit di mengerti oleh pembaca. Dan cerita dalam novel ini juga sangat mirip dengan cerita di novel twilight.

No comments:

Post a Comment

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)