8/31/12

Ada yang Beda di Halal Bihalal SMA N 1 Pecangaan

Menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal bagi sebuah sekolah merupakan suatu hal yang rutin dan biasa. Halal Bihalal biasa dilakukan ketika hari pertama masuk setelah libur panjang saat lebaran. Dalam kegiatan ini, para siswa dan guru akan berjajar rapi saling bergantian untuk memaafkan satu sama lain.

            Begitu juga dengan SMA Negeri 1 Pecangaan, pada hari pertama masuk yaitu hari Senin, tanggal 27 Agustus 2012 diadakan Halal Bihalal antar siswa dan guru. Tak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan di lapangan upacara SMA ini juga diikuti oleh seluruh Bapak dan Ibu guru Staf Tata Usaha. Dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, para siswa berbaris dengan formasi seperti saat Upacara Bendera dipimpin oleh Bapak Nurcholis selaku Waka Kesiswaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara Tausiyah dan do’a oleh Bapak Robikhan yang merupakan guru mata pelajaran agama islam di SMA Negeri 1 Pecangaan. Tausiyah tersebut berisi tentang makna Lebaran yang sebenarnya, meliputi ‘Lebar’, ‘Lebur’, dan ‘Luber’.

Yang membuat berbeda Halal Bihalal ini dengan halal bihalal sebelumnya yaitu, pada kegiatan maaf – maafan ini dihadiri oleh Bapak Syukron yang telah pensiun sebelumnya. Maksud kedatangan beliau di acara ini yaitu untuk meminta maaf kepada seluruh ‘penduduk’ di SMA Negeri 1 Pecangaan apabila selama mengajar Beliau mempunyai kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Beliau juga mendo’akan supaya SMA Negeri 1 Pecangaan bisa lebih maju, disiplin dan selalu berprestasi.

            Sebagai acara puncak dan sekaligus penutup acara Halal Bihalal yaitu kegiatan maaf – maafan.  Para guru, staf Tata Usaha dan para siswa saling berbaris berjajar bersalam – salaman secara bergantian dimulai dari kelas XII Bahasa dan ditutup oleh kelas X-1.

No comments:

Post a Comment

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)