9/24/12

Kelebihan & Kekurangan Novel Hantu Doyan Nulis (Ghost Writer)

cover asli novel
Sesungguhnya Postingan gue kali ini adalah lanjutan dari postingan gue sebelumnya. Berhubung dalam postingan gue sebelumnya udah terlalu panjang, maka untuk memperpendek gue bagilah jadi dua bagian.

Layaknya sebuah karya selain mempunyai kelebihan pasti tidak luput dari kekurangan. Begitu juga dengan novel karangan Julia Jarman ini. Nah, kali ini gue akan menuliskan kelebihan dan kekurangan dari Novel 'Hantu Doyan Nulis' atau 'Ghost Writer' versi gue sendiri setelah membacanya. Ini dia...

Kelebihan :
  1. Memang novel ini merupakan novel anak - anak yang artinya novel ini ditujukan kepada anak - anak, tapi, semua kalangan juga layak membacanya tak terkecuali orang dewasa. Hal ini dikarenakan tema dan kandungan cerita yang menarik dan tidak terlalu kekanak - kanakan yaitu tentang sebuah misteri hantu seorang bocah disleksia, dimana orang dewasa pun juga sangat pantas membacanya.
  2. Meskipun setting waktu dalam novel ini beberapa ratus tahun yang lalu dan tentunya sangat beda keadaannya dengan zaman sekarang, tapi ketika gue membaca, seolah - olah gue berada dalam kisah tersebut mengikuti setiap alur peristiwanya, terlepas dari kehidupan maju abad 21 sekarang ini.
  3. Sebagai novel terjemahan, bahasa dalam novel ini cukup mudah untuk dipahami. Tidak seperti novel terjemahan pada umumnya yang butuh membaca berulang kali baru paham isi ceritanya.
Kekurangan :
  1. Setting waktu dan tempat dalam novel ini kurang begitu jelas. Antara tempat atau waktu satu dengan tempat atau waktu yang lain kurang begitu jelas batasnya. Sehingga pembaca terkesan 'meloncat' saat membaca setiap kisah dalam novel ini.
  2. Intro yang terdapat pada bab - bab awal terlalu banyak basa - basi, terlalu banyak menceritakan hal - hal yang sebetulnya akan lebih baik jika tidak diceritakan. Hal seperti ini perlu dihindari karena untuk tetap menarik minat pembaca supaya tidak cepat merasa bosan akibat menghadapi opening yang terlalu panjang.
Gue kira hanya itu yang bisa gue telaah dari novel dengan judul manca Ghost Writer ini. Semoga bisa bermanfaat bagi temen - temen.

Bye... :)

No comments:

Post a Comment

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)