5/29/12

Gagap

Apa itu gagap?

Gagap adalah suatu gangguan bicara di mana aliran bicara terganggu tanpa disadari oleh pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, kata atau frasa; serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Umumnya, gagap bukan disebabkan oleh proses fisik produksi suara dan hubungannya dengan tingkat kecerdasan seseorang. Di luar kegagapannya, orang yang gagap umumnya normal.

gagap
Gangguan ini juga bersifat variabel, yang berarti bahwa pada situasi tertentu, seperti berbicara melalui telpon, tingkat kegagapan dapat meningkat atau menurun. Walaupun penyebab utama gagap tidak diketahui, faktor genetik dan neurofisiologi diduga berperan atas timbulnya gangguan ini. Banyak teknik terapi bicara yang dapat meningkatkan kefasihan bicara pada beberapa orang.

Gagap mempengaruhi kelancaran berbicara. Ini dimulai selama masa kanak-kanak dan dalam beberapa kasus, berlangsung sepanjang hidup. Kelainan ini ditandai oleh gangguan dalam produksi suara pidato, juga disebut "ketidaklancaran." Kebanyakan orang menghasilkan ketidaklancaran singkat dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, beberapa kata yang berulang dan lain-lain diawali dengan "um" atau "eh." Ketidaklancaran belum tentu menjadi masalah, namun mereka dapat menghambat komunikasi ketika seseorang ingin berbicara banyak dengan mereka.
 
Dalam kebanyakan kasus, gagap berdampak pada setidaknya beberapa kegiatan sehari-hari. Kegiatan tertentu yang menantang untuk dilakukan bervariasi di seluruh individu. Bagi sebagian orang, kesulitan komunikasi hanya terjadi selama melakukan aktivitas tertentu, misalnya, berbicara di telepon atau berbicara dengan banyak orang. Untuk kebanyakan orang lain, bagaimanapun, kesulitan komunikasi bisa terjadi di rumah, sekolah atau tempat kerja. Beberapa orang mungkin membatasi partisipasi mereka dalam kegiatan tertentu. "Pembatasan partisipasi" seperti ini sering terjadi karena orang yang bersangkutan beranggapan tentang bagaimana orang lain akan bereaksi terhadap pidato disfluent. Orang lain mungkin mencoba untuk menyembunyikan pidato disfluent mereka dari orang lain dengan menata ulang kata dalam kalimat mereka (berbelit-belit), berpura-pura lupa apa yang ingin mereka katakan, atau menolak untuk berbicara. Orang lain mungkin menemukan bahwa mereka dikecualikan dari berpartisipasi dalam kegiatan tertentu karena gagap. Jelas, dampak gagap pada kehidupan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh bagaimana orang lain dalam bereaksi terhadap gangguan tersebut.

Apa tanda dan gejala gagap?

Bicara gagap sering kali berisi pengulangan kata atau frasa, serta prolongations dari bicara. Ketidaklancaran ini terjadi lebih sering pada orang yang gagap daripada yang mereka lakukan pada populasi umum. Beberapa orang yang gagap muncul sangat tegang atau "kehabisan napas" ketika berbicara. Brbicara mungkin menjadi benar-benar dihentikan atau diblokir. Diblokir adalah ketika mulut diposisikan untuk mengatakan suara, kadang-kadang selama beberapa detik, dengan suara sedikit atau tidak datang. Setelah beberapa usaha, orang tersebut bisa menyelesaikan kata tersebut. Kata seru seperti "um" atau "e...e.." dapat juga terjadi, terutama ketika mereka mengandung pengulangan ("u-um-um") atau berkepanjangan ("uuuum") terdengar bicara atau ketika mereka sengaja digunakan untuk menunda dimulainya kata pembicara mengharapkan untuk "terjebak pada."
 
Beberapa contoh kegagapan meliputi:
  • "D-D-Di-Di-mana Anda akan pergi?" (Bagian-kata pengulangan:.. Orang tersebut mengalami kesulitan bergerak dari "D" dalam "di mana" untuk suara yang tersisa dalam kata  keempat, ia berhasil menyelesaikan kata)
  • "BBBBoo-lehkah saya duduk?" (Suara perpanjangan:.. Orang tersebut mengalami kesulitan bergerak dari "B" di "Bolehkah" untuk suara yang tersisa dalam kata. Dia terus mengatakan suara "B" sampai dia dapat menyelesaikan kata)
  • "Aku akan bertemu dengan Anda - um um ......um - sekitar jam enam." (Serangkaian kata seru: orang mengharapkan untuk mengalami kesulitan lancar bergabung dengan kata "Anda" dengan kata ". Sekitar" Dalam menanggapi kesulitan yang diantisipasi, ia menghasilkan beberapa kata seru sampai dia mampu mengucapkan kata "sekitar" lancar. )

Bagaimana gagap didiagnosis?

Mengidentifikasi gagap dalam berbicara seseorang akan tampak seperti tugas yang mudah. Ketidaklancaran sering "menonjol" dan mengganggu komunikasi seseorang. Pendengar biasanya dapat mendeteksi ketika seseorang gagap. Pada saat yang sama, gagap dapat mempengaruhi lebih dari sekedar pembicaraan yang diamati seseorang. Beberapa karakteristik berbicara tergagap tidak mudah bagi pendengar untuk dideteksi. Akibatnya, mendiagnosis gagap memerlukan keterampilan ahli patologi wicara-bahasa bersertifikat (SLP).
 
Selama evaluasi, SLP yang akan mencatat jumlah dan jenis ketidaklancaran berbicara seseorang yang diproduksi dalam berbagai situasi. SLP juga akan menilai cara-cara orang bereaksi terhadap dan berupaya dengan ketidaklancaran. SLP juga dapat mengumpulkan informasi tentang faktor-faktor seperti menggoda yang dapat membuat masalah lebih buruk. Berbagai penilaian lain (misalnya, pidato tingkat, keterampilan bahasa) dapat diselesaikan juga, tergantung pada usia seseorang dan sejarah. Informasi tentang orang tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan apakah suatu gangguan kelancaran ada. Jika demikian, sejauh mana itu mempengaruhi kemampuan untuk melakukan dan berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari ditentukan.
 
Untuk anak muda, penting untuk memprediksi apakah kegagapan kemungkinan akan berlanjut. Evaluasi terdiri dari serangkaian tes, pengamatan, dan wawancara dirancang untuk memperkirakan risiko anak untuk terus gagap. Meskipun ada beberapa ketidaksepakatan di antara SLPs tentang faktor risiko yang paling penting untuk dipertimbangkan, faktor-faktor yang dicatat oleh banyak spesialis meliputi:
  • riwayat keluarga gagap
  • gagap yang telah berlangsung selama 6 bulan atau lebih
  • adanya pidato lain atau gangguan bahasa
  • kuat ketakutan atau kekhawatiran tentang gagap pada bagian dari anak atau keluarga
Tidak ada faktor tunggal dapat digunakan untuk memprediksi apakah seorang anak akan terus gagap. Kombinasi faktor ini dapat membantu SLPs menentukan apakah pengobatan diindikasikan.
 
Untuk anak yang lebih tua dan orang dewasa, pertanyaan apakah gagap kemungkinan akan berlanjut agak kurang penting, karena kegagapan tersebut terus setidaknya cukup lama untuk itu menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari orang tersebut. Untuk individu, evaluasi terdiri dari tes, pengamatan, dan wawancara yang dirancang untuk menilai keseluruhan kerasnya dari gangguan tersebut. Selain itu, dampak gangguan tersebut memiliki pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dan berpartisipasi secara tepat dalam kegiatan sehari-hari dievaluasi. Informasi dari evaluasi ini kemudian digunakan untuk mengembangkan program pengobatan khusus, yang dirancang untuk:
  • membantu seseorang berbicara lebih fasih,
  • berkomunikasi lebih efektif, dan
  • berpartisipasi lebih lengkap dalam kegiatan kehidupan.

Perawatan apa yang tersedia untuk gagap?

Salah satu teknik terbaru dalam penyembuhan ini adalah dengan pijat syaraf bicara  di sekitar wajah, mulut dan leher seseorang yang gagap. Seseorang yang gagap mempunyai kecenderungan untuk tidak berbicara dalam kesehariannya. Hal ini menyebabkan otot dan syaraf bicaranya menjadi kaku, sehingga mulut menjadi lebih sulit digerakkan.

Setelah otot dan syaraf gagap lentur karena dipijat, barulah sang gagap ini diberikan terapi bicara sesuai dengan usianya. Tentu saja terapi bicara bagi anak, berbeda dengan terapi bicara anak-anak. Bagi seseorang yang menderita gagap karena genetika, disarankan untuk selalu memijat syaraf ini setiap hari.

Kebanyakan program pengobatan untuk orang-orang yang gagap adalah "perilaku." Mereka dirancang untuk mengajarkan keterampilan spesifik orang atau perilaku yang mengarah ke komunikasi lisan ditingkatkan. Misalnya, SLPs banyak mengajar orang yang gagap untuk mengontrol dan / atau memonitor tingkat di mana mereka berbicara. Selain itu, orang dapat belajar untuk mulai mengucapkan kata-kata dengan cara yang sedikit lebih lambat dan kurang secara fisik tegang. Mereka juga dapat belajar untuk mengontrol atau memantau napas mereka. Ketika belajar untuk mengendalikan tingkat pidato, orang sering mulai dengan berlatih halus, pidato fasih dengan harga yang jauh lebih lambat dari bicara yang khas, menggunakan frase pendek dan kalimat. Seiring waktu, orang belajar untuk menghasilkan pidato yang lancar pada tingkat lebih cepat, dalam kalimat lagi, dan dalam situasi menantang lagi sampai pidato suara baik lancar dan alam. "Tindak lanjut" atau "pemeliharaan" sesi sering diperlukan setelah selesai intervensi formal untuk mencegah kambuh.

Apa yang dapat saya lakukan untuk berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang yang gagap?

Sering kali, orang tidak yakin tentang bagaimana merespon ketika berbicara dengan orang yang gagap. Ketidakpastian ini dapat menyebabkan pendengar untuk melakukan hal-hal seperti berpaling selama saat-saat gagap, mengganggu orang, isi kata-kata, atau memang tidak berbicara dengan orang yang gagap. Tidak ada reaksi ini sangat membantu, meskipun. Secara umum, orang yang gagap ingin diperlakukan seperti orang lain. Mereka sangat menyadari bahwa ucapan mereka berbeda dan bahwa dibutuhkan lebih lama untuk mengatakan sesuatu. Sayangnya, ini kadang-kadang orang ingin merasakan tekanan untuk berbicara dengan cepat. Dalam kondisi seperti itu, orang yang gagap sering bahkan lebih difficultly mengatakan apa yang ingin mereka katakan dengan cara yang halus tepat waktu. Oleh karena itu, pendengar yang muncul tidak sabar atau terganggu benar-benar dapat membuat lebih sulit bagi orang yang gagap untuk berbicara.
 
Ketika berbicara dengan orang-orang yang gagap, hal terbaik untuk dilakukan adalah memberi mereka waktu yang mereka butuhkan untuk mengatakan apa yang ingin mereka katakan. Cobalah untuk tidak menyelesaikan kalimat atau mengisi kata-kata untuk mereka. Melakukan hal itu hanya akan meningkatkan rasa seseorang dari tekanan waktu. Juga, saran seperti "memperlambat", "santai", atau "mengambil napas dalam-dalam" dapat membuat orang itu merasa lebih nyaman karena komentar-komentar ini menunjukkan bahwa gagap harus sederhana untuk diatasi, tapi tidak!
 
Tentu saja, orang gagap yang berbeda akan memiliki cara yang berbeda pula dalam menangani kesulitan berbicara mereka. Beberapa akan merasa nyaman berbicara tentang hal itu dengan Anda, sementara yang lain tidak akan. Secara umum, bagaimanapun, itu bisa sangat membantu untuk hanya meminta orang apa yang akan menjadi cara yang paling membantu untuk menanggapi nya atau gagap nya. Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti, "Saya melihat bahwa Anda gagap. Bisakah Anda ceritakan bagaimana Anda lebih memilih bagi orang untuk merespon ketika Anda gagap?" Sering kali, orang akan menghargai minat Anda. Anda tentu tidak ingin berbicara ke mereka atau memperlakukan mereka berbeda hanya karena mereka gagap. Namun, Anda masih dapat mencoba untuk menemukan masalah-biasa saja, cara yang mendukung agar mereka tahu bahwa Anda tertarik pada apa yang mereka katakan, bukan bagaimana mereka mengatakannya. Hal ini dapat pergi jauh ke arah mengurangi kecanggungan, ketidakpastian, atau ketegangan dalam situasi dan membuat lebih mudah bagi kedua belah pihak untuk berkomunikasi secara efektif.

Sumber :

No comments:

Post a Comment

yo yang sudah baca jangan kabur...
nih kolom komentarnya diisi dulu...
makasih :)